ANGGITALID_ on INSTAGRAM

!-- SnapWidget -->

Sabtu, 12 Desember 2015

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK


HAKIKAT PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
§ DEFINISI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Pertumbuhan merupakan sebagai perubahan fisiologis dan biologis sebagai hasil kematangan fungsi dalam waktu tertentu dan ketika mencapai titik optimal maka akan mengalami kemunduran pertumbuhan.
Misal : tumbuhnya jakun pada pria, bertambahnya tinggi badan, bertambahnya lingkar tumbuh, perbandingan ukuran panjang dan lebar tumbuh, ukuran besarnya organ seks, dan munculnya atau tumbuhnya tanda-tanda kelamin sekunder.
Perkembangan merupakan perubahan karakteristik dari gejala-gejala psikologis ke arah yang lebih maju dan perubahan potensi (kualitas kemampuan), sifat dan ciri-ciri kemampuan yang baru serta lebih mudah berubah karena lingkungan dan pengalaman. Perkembangan selalu mengalami perubahan-perubahan psikis dan fisik, potensi ke arah yang maju, namun sebaliknya perubahan tidak selalu mengelami perkembangan. Perubahan membawa individu untuk beradaptasi dengan lingkungan sehingga membawa perubahan psikis individu.
Misal : kecakapan untuk berfikir, kecakapan mental yang besar, mampu mengamati dan meneliti, bertambahnya akal budi, berfikir dan bertindak secara terarah, kemampuan mengolah dan menguasai lingkungan.
Kematangan ialah perubahan kemampuan dan karakteristik psikis sebagai hasil dari perubahan dan kesiapan struktur biologis pertumbuhan. Pertumbuhan dan kematangan berasal dari dalam diri individu, tetapi dapat dipercayai dengan rangsangan –rangsangan dari lingkungan dalam batas tertentu.
Perubahan fisik  Perubahan psikis
      
Pertumbuhan  Perkembangan
      
 










§ FAKTOR-FAKTOR DASAR PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam individu. Misalnya :
a. Sifat keturunan 
- fisik
- mental
b. Kematangan 
c. Bakat atau Pembawaan
d. Dorongan dan Instink
Faktor Eksternal
Faktor Eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri individu. Misalnya :
a. Makanan
b. Iklim
c. Kebudayaan
d. Ekonomi
e. Kedudukan anak dan lingkungan keluarga
Faktor umum
Factor umum adalah unsur-unsur yang dapat digolongkan kedalam faktor internal dan eksternal
a. Intelegensi
b. Kesehatan
§ FASE-FASE PERKEMBANGAN
Fase perkembangan merupakan penahapan atau urutan kehidupan manusia yang ditandai oleh cirri-ciri atau pola-pola tingkah laku tertentu. Setiap individu mempunyai fase perkembangan yang berbeda-beda namun tetap mempunyai kesamaan pada tanda-tanda atau cirri-ciri perkembangan.
Periodesasi perkembangan berdasarkan cirri-ciri biologis
Menurut Aristoteles
Sejak anak sampai dewasa terjadi dalam tiga tahap dan disarkan pada gejala dalam perkembangan fisik :
1. Tahap pertama : dari 0,0-7,0 tahun, masa anak kecil atau masa bermain.
2. Tahap kedua : dari 7,0-14,0 tahun, masa anak , masa sekolah rendah.
3. Tahap ketiga : dari 14-21 tahun, masa remaja atau pubertas.
Antara tahap satu dan dua dibatasi dengan pergantian gigi dan antara tahap dua ke tiga ditandai dengan mulai berfungsinya organ-organ seksual.
Menurut Elizabeth Hurlock
1. Tahap pertama : fase prenatal, mulai masa konsepsi – proses kelahiran (9 bulan atau 280 hari).
2. Tahap dua : infancy (orok), mulai lahir – usia 10/14 hari.
3. Tahap ketiga : babyhood (bayi), mulai 2 minggu sampai 2 tahun.
4. Tahap keempat : childhood (kanak-kanak), mulai 2 tahun sampai masa remaja.
5. Tahap kelima : adolescence/puberty
a. Pre adolescence, umumnya wanita 11-13 tahun, pria lebih lambat.
b. Early adolescence, usia 16-17 tahun.
c. Late adolescence, sampai usia kuliah di perguruan tinggi. 
Menurut Kretscmer
Perkembangan individu dari lahir sampai dewasa melewati 4 tahap, yaitu :
1. Tahap 1 : ± 0-3 tahun, fullungs (pengisian) periode 1, pada fase ini anak kelihatan pendek gemuk.
2. Tahap 2 : ± 3-7 tahun streckungs (rentangan) periode 1, pada periode ini anak kelihatan langsing.
3. Tahap 3 : ± 7-13 tahun, fullungs (pengisian) periode 2, pada masa ini anak kelihatan pendek gemuk kembali.
4. Tahap 4 : ± 13-20 tahun, streckungs (rentangan) periode 2, pada periode ini anak kembali kelihatan langsing.
Menurut Harvey A. Tilker PHd dan Elizabeth
Hakekat perkembangan manusia yang berlangsung sejak konsepsi sampai mati, dengan pembagian periodisasinya sebagai berikut :
1. Masa sebelum lahir (prenatal), selama 9 bulan atau 280 hari. Cirri-cirinya :
a. Ditentukannya sifat-sifat bawaan dan jenis kelamin individu
b. Kondisi ibu sangat menentukan pola pertumbuhan prenatal
c. Secara proporsional pertumbuhan pada periode ini lebih besar daripada periode lainnya
d. Terdapat banyak bahaya fisik dan psikologis
e. Orang-orang yang berarti dapat membentuk sikap kepada si janin
Pada waktu pembuahan ditentukan beberapa hal yaitu:
a. Sifat-sifat bawaan fisik dan mental psikologis anak
b. Jenis kelamin anak
c. Apakah lahir tunggal atau kembar
d. Posisi anak dalam keluarga
Perkembangan berdasarkan konsep didaktif
Menurut Comenius
Pendidikan yang lengkap berlangsung dalam empat jenjang :
a. Sekolah ibu (scolah maternal), usia 0,0-6 tahun.
b. Sekolah bahasa ibu (scola vernaculan), usia 6-12 tahun.
c. Sekolah latin (scola latina), usia 12-18 tahun.
d. Akademi (academica), usia 18-24 tahun.
Bahan pengajaran dan metode yang digunakan harus sesuai dengan perkembangannya.
Menurut Rosseau
a. Tahap 1 : 0,0-2 tahun, usia asuhan.
b. Tahap 2 : 2-12 tahun, masa pendidikan jasmani dan latihan panca indra.
c. Tahap 3 : 12-15 tahun, periode pendidikan akal.
d. Tahap 4 : 15-20 tahun, periode pendidikan watak dan pendidikan agama.
Menurut Harvey A. Tiker PHd dan Elizabeth
Periodesasi perkembangan berdasarkan cirri-ciri psikologis
Diadasarkan pada cirri-ciri kejiwaan yang menonjol.
1. Periode vital, umur nol sampai satu setengah tahun, disebut juga fase menyusu.
2. Periode ekstetis, umur satu setengah sampai tujuh tahun, disebut juga fase pencoba dan fase pemain.
3. Periode intelektuil, umur tujuh sampai empat belas tahun, disebut juga fase sekolah.
4. Periode social, umur empat belas sampai dua puluh satu tahun, disebut juga fase remaja.
5. Periode matang, umur dua puluh satu tahun ke atas, disebut juga fase dewasa.
Periodesasi perkembangan berdasarkan konsep tugas perkembangan
1. Masa bayi dan kanak-kanak, umur nol sampai enam tahun.
2. Masa sekolah atau pertengahan kanak-kanak, enam sampai dua belas tahun.
3. Masa remaja, umur dua belas sampai delapan belas tahun.
4. Masa awal dewasa, umur delapan belas sampai tiga puluh tahun.
5. Masa dewasa pertengahan, umur tiga puluh sampai lima puluh tahun.
6. Masa tua, umur lima puluh tahun sampai ke atas.
Periodesasi perkembangan berdasarkan konsep islam
1. Periode pra-konsepsi
Perkembangan manusia sebelum masa pembuahan sperma dan ovum.
2. Perode pra-natal
Periode perkembangan manusia yang dimulai dari pembuahan sperma dan ovum sampai masa kelahiran.
a. Fase nuthfah
Sejak pembuahan sampai empat puluh hari dalam kandungan.
b. Fase ‘alaqah
Selama empat puluh hari.
c. Fase mudhghah
Selama empat hari.
d. Fase peniupan roh kedalam jasad janin
Dalam kandungan setelah genap berusia empat bulan.
3. Periode kelahiran sampai meninggal dunia
a. Fase neo-natus
Lahir sampai kira-kira minggu keempat
b. Fase al-thifil (kanak-kanak)
Satu bulan sampai tujuh tahun.
c. Fase tamyiz
Mulai mampu membedakan baik dan buruk, sekitar tujuh sampai tiga belas tahun.
d. Fase baligh
Memiliki kesadaran penuh akan dirinya, tingkah laku intelektualnya mencapai kondisi puncak, mulai dari lima belas sampai empat puluh tahun.
e. Fase kearifan dan kebijakan
Tingkat kesadaran dan kecerdasan emosional, moral, spiritual dan agama sudah mendalam, dimulai dari empat puluh tahun sampai meninggal dunia
f. Fase kematian
                               Fase nyawa telah hilang dari jasad manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar